ANALISIS PEMBELAJARAN RME DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
proses pembelajaran matematika yang dilakukan gurupun cukup baik dalam menggunakan pendekatan RME terutama pada materi pecahan. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa dalam kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SD bila diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. serta respon siswa terhadap pelaksanaan guru dalam menggunakan pendekatan RME penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. analisis data yang digunakan menggunakan purposive sampling dari hasil tes awal kemampuan penalaran matematis oleh seluruh siswa yang diambil 2 sampel pada setiap kategori.hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu rerata kemampuan penalaran matematis siswa kelas 5 SD mencapai 57,5 dengan 58% didominasi oleh siswa kategori sedang, 25% diperoleh siswa kategori tinggi, dan 17% diperoleh siswa kategori rendah. pada kelompok siswa tinggi mereka berkemampuan yang baik dalam menentukan situasi matematika, berpikir sistematis dan strategis. dalam penyelesaian soal, serta menarik kesimpulan yang logis dengan benar dan tepat dengan total skor berkisar 12-14 poin. sedangkan pada kelompok sedang mereka hanya mampu dalam menentukan situasi matematika dan strategi dalam penyelesaian soal meskipun solusi akhir yang didapat belum tentu benar dengan total skor berkisar 9-10 poin. untuk kelompok rendah mereka kurang mampu dalam menyederhanakan masalah dan membuat kesimpulan.
Downloads

