Pengembangan Media MOSISTU Berbantuan Kartu QR Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran essensial yang mengajarkan peserta didik untuk meningkatkan pola pikirnya melalui materi yang dipelajari salah satunya yaitu materi sistem pencernaan manusia. Maka diperlukan sebuah media yang mampu membantu mengembangkan pemikiran peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media MOSISTU berbantuan kartu QR pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media dan materi untuk menguji kevalidan, lembar angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan, serta lembar hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttest untuk mengetahui keektifan media. Hasil yang diperoleh untuk validasi media yaitu 90% (Sangat Valid) dan validasi materi yaitu 86% (Sangat Valid), hasil respon angket guru yaitu 91% (Sangat Praktis), angket respon peserta didik yaitu 91,06% (Sangat Praktis), serta hasil belajar peserta didik yaitu 84% (Sangat Efektif) dengan hasil N-gain score yaitu 0,62 dengan kriteria sedang. Sehingga kesimpulan yang didapatkan media MOSISTU berbantuan kartu QR pada materi sistem pencernaan manusia di sekolah dasar valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V.
Downloads
Abstract views: 90
,
PDF Downloads: 63

