Pengembangan Media ARBAMI (Augmented Reality Bagian-bagian Bumi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Recka Tri Rusdiyana Putri
PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya (recka.20036@mhs.unesa.ac.id)
Julianto
PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya (julianto@unesa.ac.id)
Abstrak
Penelitian pengembangan ini berhasil menciptakan sebuah media pembelajaran IPA yang dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini, yang disebut ARBAMI (Augmented Reality Bagian-bagian Bumi), menyajikan materi IPA dalam bentuk model objek tiga dimensi dengan animasi serta keterangan pendukung untuk memperlihatkan bentuk dari berbagai bagian bumi. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran IPA yang tidak hanya valid, tetapi juga praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V. Metode pengembangan media ini mengadaptasi model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas V sekolah dasar dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid, dengan validasi desain media mencapai 96%, validasi materi mencapai 86%, dan persentase kecocokan antara pretest dan posttest sebesar 92,5%. Media ini juga dinilai praktis, dengan angket respon siswa mencapai 97,77% dan angket respon guru mencapai 100%. Selain itu, media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, seperti yang tercermin dari nilai N-Gain sebesar 0,72, yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Hasil ketuntasan belajar juga menunjukkan tingkat keefektifan sebesar 92,59%, yang berada pada rentang 81%-100% dengan kategori "Sangat Efektif". Analisis lebih lanjut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 23,70, menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan media ARBAMI. Secara keseluruhan, media ARBAMI layak digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci: ARBAMI, hasil belajar
Abstract
The development study has successfully created an IPA learning media that significantly enhances student learning outcomes. This media, named ARBAMI (Augmented Reality Earth Parts), presents IPA material in the form of three-dimensional object models with animations and supporting descriptions to illustrate various parts of the earth. The main objective of this research is to produce an IPA learning media that is not only valid but also practical and effective in improving the understanding of fifth-grade students. The development method of this media adapts the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The study involved 27 fifth-grade elementary school students with a one-group pretest-posttest design. The research findings indicate that the developed media is valid, with media design validation reaching 96%, material validation reaching 86%, and a match percentage between pretest and posttest of 92.5%. This media is also considered practical, with student response questionnaires reaching 97.77% and teacher response questionnaires reaching 100%. Furthermore, this media is effective in enhancing student understanding, as reflected by an N-Gain value of 0.72, which falls into the high improvement category. The learning completeness results also show an effectiveness rate of 92.59%, which falls within the range of 81%-100% with the category of "Very Effective." Further analysis reveals an average difference between pretest and posttest scores of 23.70, indicating a significant improvement in student understanding after using the ARBAMI media. Overall, the ARBAMI media is deemed suitable and capable of enhancing IPA learning outcomes for fifth-grade elementary school students.
Keywords: ARBAMI, learning outcome
Downloads
Abstract views: 80
,
PDF Downloads: 116

