PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Wulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengenal angka pada
kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe IOC pada materi mengenal angka di kelas 1 sekolah dasar.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group
Design. Sampel yang diaambil yaitu kelas eksperimen (1A) dan kelas kontrol (1B) dengan masingmasing berjumlah 20 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data berupa
soal pretest dan posttest. Hasil pengujian menggunakan Mann Whitney yang termasuk dalam uji non
parametrik dengan bantuan program SPSS25. Hasil data yang diperoleh menunjukkan nilai pada kelas
eksperimen sebesar 24,03 dan pada kelas kontrol sebesar 16,98. Dari hasil tersebut didapatkan pula nilai
Asymp.Sig. (2-tailed) > 0,05 yang berarti H_a diterima dan H_0 ditolak. Dapat dilihat dari adanya
peningkatan pada nilai N-Gain berdasarkan pengujian menggunakan uji N-Gain diperoleh hasil sebesar
0,43 pada kelas eksperimen dan 0.38 pada kelas kontrol. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan baik
peningkatan kemampuan mengenal angka di kelas eksperimen maupun kontrol sama sama pada kategori
sedang namun jika dibandingkan hasil yang telah diperoleh pada kelas eksperimen menunjukkan
peningkatan yang lebih tinggi.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, inside outside circle, mengenal angka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 38