Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar pada Kesenian Jaranan di Kota Kediri

  • Diah Tri Murti Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika sekolah dasar pada kesenian jaranan di Kota Kediri, menjelaskan implementasi pembelajaran matematika sekolah dasar yang dikaitkan dengan kesenian jaranan di Kota Kediri serta menjelaskan respon peserta didik dan guru terhadap pembelajaran matematika sekolah dasar yang dikaitkan dengan kesenian jaranan di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menurut Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada kesenian jaranan di Kota Kediri berupa geometri yaitu bangun datar yang meliputi persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, dan belah ketupat. Konsep matematika yang ditemukan pada penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran kontekstual berbasis kebudayaan lokal di sekolah dasar. Implementasi pembelajaran ini mendapatkan respon yang baik dari peserta didik di mana seratus persen (100%) peserta didik sangat setuju bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan sangat menyenangkan dan membawa banyak manfaat. Selain itu sembilan puluh delapan (98%) peserta didik sangat setuju bahwa pembelajaran matematika ini membuat mereka lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan respon dari guru matematika, penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik dan sumber referensi bagi guru untuk menyusun dan menerapkan pembelajaran matematika yang kontekstual berbasis kebudayaan lokal.

Kata Kunci: Eksplorasi, Konsep Matematika, Kesenian Jaranan, Etnomatematika

Published
2024-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 0