Fenomena Media Kolaborasi Tiktok-Canva dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Kemampuan Menulis Teks Prosedur di Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran adalah bagian penting dari proses pembelajaran. Jika digunakan dengan benar, proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan minat dan antusiasme siswa untuk belajar. Oleh karena itu peningkatan dan terus mengupdate media pembelajaran adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh guru, termasuk menyesuaikan media pembelajaran sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan aplikasi Tiktok dan Canva sebagai media pembelajaran untuk keterampilan menulis teks prosedur kelas 4 di UPT SDN 149 Gresik. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengumpulkan data menggunakan metode berikut: (1) Teknik Observasi untuk mengetahui gambaran pemanfaatan aplikasi Tiktok dan Canva sebagai media pembelajaran menulis Teks Prosedur, (2) Teknik wawancara, digunakan untuk mengumpulkan data tentang pemanfaatan Tiktok dan Canva sebagai media untuk keterampilan menulis Teks Prosedur, (3) Teknik Dokumentasi, digunakan untuk mengumpulkan data dari dokumen atau arsip sekolah tentang penggunaan Tiktok dan Canva sebagai alat pembelajaran untuk menulis Teks Prosedur. analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Melalui pemanfaatannya, aplikasi Tiktok menjadi alat bantu untuk peserta didik menonton video Teks Prosedur, dan aplikasi Canva menjadi alat bantu desain untuk siswa membuat poster mengenai teks prosedur dan juga sebagai alat bantu guru untuk membuat power point. Peserta didik yang lebih antusias dan aktif, selama proses pembelajaran menunjukkan bahwa penelitian ini berjalan dengan baik dan dapat dikatakan berhasil. Studi ini dilakukan dalam tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian dilakukan dalam 4 pertemuan. Hasilnya juga menunjukkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses penelitian.
Downloads
Abstract views: 150
,
PDF Downloads: 128

