Pengembangan Media Buku Zigzag Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Dongeng Fabel Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Richa Aina Nur Rizkya Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik kelas II SDN Pagerwojo dalam membaca teks dongeng menjadi latar belakang penelitian ini. Penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan materi yang dipelajari menjadi penyebabnya. Untuk itu, dikembangkan media Buku Zigzag Bergambar. Tujuan dari pelaksanaan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media yang layak yaitu mencakup valid, efektif, dan praktis dalam keterampilan membaca dongeng fabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar preTest, lembar postTest, instrumen keefektifan media, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan materi 95%, kevalidan media 94%. Keefektifan media berdasarkan instrumen keefektifan media sebesar 98,33%, berdasarkan hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan N-gain sebesar 75. Kepraktisan media berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 97,33% dan berdasarkan angket respon pendidik sebesar 94%. Dapat disimpulkan bahwa media Buku Zigzag Bergambar layak digunakan dalam dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: media, buku zigzag bergambar, keterampilan membaca dongeng fabel

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 132 , PDF Downloads: 117