IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan media Rolling Ball terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi fotosintesis. Dua kelompok kelas, kontrol dan eksperimen, dianalisis untuk melihat perbedaan signifikan antara penggunaan model konvensional dan model inovatif tersebut. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan media Rolling Ball secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, berbeda dengan model konvensional yang tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini menekankan pentingnya penggunaan media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan pencapaian belajar peserta didik, khususnya dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada tingkat Sekolah Dasar.
Kata Kunci: model pembelajaran Talking Stick, media Rolling Ball, kemampuan berpikir kritis, fotosintesis, sekolah dasar
Downloads
Abstract views: 76
,
PDF Downloads: 68

