PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ulfa Siti Rohimah PGSD Unesa
  • Ika Rahmawati.,S.Si., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan implementation) di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika materi luas permukaan bangun ruang pada kelas VI sekolah dasar, mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media, dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis etnomatematika. Analisis data kevalidan diperoleh melalui validasi oleh ahli media dan materi. Tingkat kevalidan LKPD diperoleh dari hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 96% dengan kategori dangat valid, dan uji validasi oleh ahli media sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Analisis data kepraktisan diperoleh melalui angket respon pendidik dan peserta didik. Tingkat kepraktisan LKPD diperoleh dari hasil angket respon peserta didik sebesar 95,5% dengan kategori sangat praktis dan angket respon pendidik sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Teknik analisis data keefektifan LKPD diperoleh dari hasil perhitungan ketuntasan belajar akhir berdasarkan aspek pengetahuan dan ketrampilan sebesar 85,1% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika memiliki nilai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang tinggi sehingga layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang pada kelas VI sekolah dasar.
Kata kunci: Bangun Ruang, Etnomatematika, LKPD Berbasis Etnomatematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 423 , PDF Downloads: 311