Pengembangan Media Gambar Berbentuk Damar Kurung Untuk Keterampilan Menulis Pantun Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

  • Nurid Diana Safira Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Salah satu hal terpenting dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran yang menuntut pendidik untuk dapat memfalisitasi peserta didik dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakterisitik peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Gambar Berbentuk Damar Kurung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di UPT SD Negeri 242 Gresik di kelas VA. Alat pengumpulan data berupa lembar validasi, angket tanggapan siswa dan guru, serta tes pretest-postest. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitaf. Data kualitatif diperoleh dari adanya saran dan masukan. Sedangkan data kuantitaf berasal dari nilai validasi media, materi, angket respon siswa dan guru, serta hasil nilai pretest-postest. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Media Gambar Berbentuk Damar Kurung memasuki kategori sangat valid dengan persentase 90% dari ahli media dan 86% dari ahli materi. Dari hasil kepraktisan memasuki kategori sangat praktis dengan nilai N-gain 0,85. Dari hasil keefektifan dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 88 dan 100% dari guru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Media Gambar Berbentuk Damar Kurung adalah media yang sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis digunakan dalam keterampilan menulis pantun siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran, media gambar, keterampilan menulis pantun.

Published
2024-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 0