PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER CERITA BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Monica Giodevie Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran keterampilan membaca teks narasi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Kalender Cerita Bermuatan Nilai Karakter untuk keterampilan membaca teks narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 11 Surabaya. Kevalidan media dari hasil validasi media sebesar 90,58% dan validasi materi sebesar 88,33%. Kepraktisan media dari hasil angket peserta didik sebesar 96,36% dan hasil angket pendidik sebesar 100%. Keefektifan media dari hasil tes menunjukkan peningkatan sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,56 pada uji coba skala kecil dan N-gain sebesar 0,6 pada uji coba skala besar. Dapat disimpulkan bahwa media Kalender Cerita Bermuatan Nilai Karakter sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca teks narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: pengembangan, media kalender cerita, nilai-nilai karakter, keterampilan membaca teks narasi.

  

Published
2024-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 6