PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DENGAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK KEMAMPUAN MENULIS KATA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR

  • Angelina Cahyani Apsari Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran yang masih belum memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran sehingga berpengaruh pada kualitas kemampuan menulis peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan media Pop-Up Book dengan Teka-Teki Silang yang valid, efektif, dan praktis untuk kemampuan menulis kata peserta didik kelas I sekolah dasar. Penelitian  pengembangan menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba dilaksanakan di SD Muhammadiyah 11 Surabaya dengan subjek penelitian, yaitu peserta didik kelas I sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan perolehan, yaitu kevalidan oleh ahli materi sebesar 92,94% dan kevalidan ahli media sebesar 90%. Hasil keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan skor n-gain sebesar 0,78. Adapun hasil kepraktisan dari angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 94,4% dan angket respon pendidik memperoleh persentase sebesar 93,33%.  Berdasarkan perolehan tersebut, disimpulkan bahwa media Pop-Up Book dengan Teka-Teki Silang dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran menulis kata dengan kriteria valid, efektif, dan praktis.

Kata Kunci: pengembangan, media pop-up book, teka-teki silang, kemampuan menulis kata

Published
2024-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 0