Pengembangan Media Ludo Pelengkap Pantun (Lukatun) untuk Keterampilan Menulis Pantun Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Febriyanti Putri Wulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan media Lukatun memiliki tujuan untuk menyajikan proses perancangan, pengembangan, dan kelayakan media Lukatun melalui uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian ini membutuhkan 30 peserta didik untuk uji coba skala besar. Hasil penelitian diketahui bahwa media Lukatun termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase validasi materi sebesar 88% dan validasi media sebesar 88%. Kepraktisan media Lukatun didapatkan melalui lembar angket peserta didik dengan persentase sebesar 96% dan pendidik dengan persentase sebesar 82%. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa media Lukatun termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk materi menulis pantun kelas V sekolah dasar. Keefektifan media Lukatun didapatkan dari analisis nilai pretest dan posttest peserta didik dengan rumus perhitungan n-Gain. Hasil pretest dan posttest diperoleh baik dalam uji coba skala kecil dan besar yang mengalami peningkatan sedang dengan nilai n-Gain 0,48 dan n-Gain 0,49 pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut media Lukatun dinyatakan efektif digunakan untuk materi pantun dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media Lukatun untuk keterampilan menulis pantun layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, media Lukatun, menulis pantun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 60