PENGEMBANGAN MEDIA JAVANESE MONOPOLY (JAVANOPOLY) UNTUK PEMBELAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Nurul Amilatus Sholikha Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam berbicara bahasa Jawa yang sesuai dengan unggah-ungguh basa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Javanese Monopoly (JAVANOPOLY) yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ASSURE.  Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi media dan materi, lembar pretest dan posttest, lembar angket peserta didik dan pendidik. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 11 Surabaya dengan subjek kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menujukkan perolehan persentase kevalidan sebesar 91,4% untuk ahli media dan 81,1% untuk ahli materi. Keefektifan media berdasarkan hasil angket memperoleh persentase sebesar 90,4% dan hasil tes menunjukkan peningkatan sedang berdasarkan hasil perhitungan n-Gain sebesar 0,62 pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, Adapun hasil angket kepraktisan yang diperoleh yaitu 90,1% pada angket peserta didik dan 94,1% pada angket pendidik. Berdasarkan perolehan tersebut, disimpulkan bahwa media JAVANOPOLY layak untuk digunakan dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa dengan kriteria valid, efektif, dan praktis.

Kata Kunci: pengembangan, media JAVANOPOLY, unggah-ungguh bahasa jawa, keterampilan berbicara

 

Published
2024-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 5