Pengembangan Media Kartu Bergambar untuk Pembelajaran Menulis Huruf Kapital dengan Metode SAS di Kelas I Sekolah Dasar

  • Sigit Yudha Bachtiar Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah media pembelajaran berupa kartu bergambar huruf kapital dengan metode SAS, media kartu yang digunakan dalam materi huruf kapital sudah pernah dilakukan pembuatan maupun pengembangan. Juga penggunaan metode SAS dalam pembelajaran sudah pernah dilaksanakan, penggunaan metode SAS sering digunakan dalam pembelajaran membaca menulis permulaan. Pada pengembangan ini akan dikolaborasikan sebuah media berupa kartu bergambar dengan metode SAS dalam materi bahasa Indonesia yakni huruf kapital. Pengembangan ini menjadikan penggunaan metode SAS lebih dapat berkembang, dari tujuan media pembelajaran yaitu mempermudah penyampaian materi pembelajaran dari pendidik kepada peserta didikPenelitian ini merupakan bentuk penelitian pengembangan atau penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode studi yang digunakan dalam menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji efektivitasnya. Metode ini digunakan untuk memproduksi produk dan mengukur efektivitasnya. Dalam hal ini, produk yang nantinya dikembangkan berupa kartu bergambar yang diproduksi secara massal untuk pembelajaran tulis yakni huruf kapital di kelas satu sekolah dasar. Kevalidan media kartu bergambar didapat dari hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli media. Media kartu bergambar mendapatkan perolehan skor dengan persentase 95% sehingga media kartu bergambar dinyatakan sangat valid atau layak digunakan. Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan berupa media dengan persentase 81%-100% dapat dikategorikan sebagai media yang sangat valid Berdasarkan hasil penelitian dan juga pada pembahasan mengenai pengembangan media kartu bergambar dengan materi pembelajaran menulis huruf kapital di kelas I sekolah dasar dinyatakan bahwa media kartu bergambar sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran menulis huruf kapital di kelas I sekolah dasar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan skor validasi media sebesar 95% dengan kategori sangat valid dan materi sebesar 84% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan

 

Kata Kunci: Pengembangan media, kartu bergambar, pembelajaran huruf kapital.

Published
2024-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 3