Pengembangan Media Cakap Aksara Jawa (CAKRA) Berbantuan Aplikasi Genially untuk Keterampilan Membaca Aksara Jawa Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

  • Hardika Amelia Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya peserta didik dalam memahami dan membaca aksara Jawa. Selain itu, monotonnya metode dan media yang digunakan guru dalam mengajarkan materi tersebut membuat peserta didik merasa bosan. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media Cakap Aksara Jawa (CAKRA) yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model tahapan ASSURE. Penelitian dilaksanakan di SDN Sukodono II bersama peserta didik kelas IV. Media CAKRA memperoleh  persentase validasi materi sebesar  92,72%. Sementara itu, uji validasi media memperoleh hasil sebesar 88,57%. Kemudian, hasil  kepraktisan media oleh peserta didik sebesar 87,5% dan hasil respon guru mencapai 97,2%. Keefektifan media oleh peserta didik memperoleh persentase sebesar 92,25%. Peningkatan pemahaman memperoleh perhitungan skor N-gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka bisa dipastikan bahwa media CAKRA sesuai dan  layak  digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa.

Kata Kunci: pengembangan, media CAKRA, keterampilan membaca aksara Jawa, aksara legena, sandhangan swara.

Published
2024-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 4