DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERINTEGRASI GERAKAN SHOLAT PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran matematika realistik terintegrasi menjadi satu hal yang dapat mempermudah guru dalam mengaitkan materi dengan lingkungan pada kehidupan sehari-hari. Namun, pelaksanaan integrasi ini, masih jarang ditemukan terutama pada pengintegrasian nilai-nilai islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain aktivitas dalam pembelajaran matematika realistik yang diintegrasikan dengan gerakan sholat pada materi sudut kelas 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode design research (DR) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom dan conducting retrospective analysis. Penerapan pembelajaran matematika realistik terintegrasi gerakan sholat materi sudut ini menggunakan dugaan-dugaan yang disusun dalam sebuah Hypothetical Learning Trajectory (HLT). HLT berisi terkait aktivitas, deskripsi singkat terkait aktivitas, math goals serta conjecture atau dugaan yang nantinya akan dilakukan siswa saat penerapan berlangsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Siswa kelas 5 MI Darul Hidayah Sudimoro yang menjadi subjek pada penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan jika desain aktivitas pembelajaran mengalami penyesuaian mengikuti perkembangan siswa. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan menambahkan satu aktivitas untuk memudahkan siswa melakukan klasifikasi sudut. Desain aktivitas yang semula terdiri dari empat aktivitas bertambah menjadi lima aktivitas.
Downloads

