PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan e-LKPD interaktif berbasis model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini mencakup seluruh pihak yang melakukan validasi produk e-LKPD interaktif yang telah dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh dosen ahli media dan ahli materi, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik kelas V SDN Geluran 3. Uji efektivitas dilakukan oleh peserta didik kelas V SDN Geluran 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD dinilai valid dengan total persentase kevalidan media sebesar 91,6% dan materi sebesar 86,3%, sehingga masuk dalam kategori sangat valid. e-LKPD interaktif berbasis model learning cycle 7E dinyatakan praktis dengan keterlaksanaan pembelajaran secara menyeluruh yang mencapai persentase rata-rata total sebesar 90,3%, dengan kriteria sangat baik (81%-100%). e-LKPD juga efektif digunakan, dengan analisis data nilai ketuntasan hasil belajar yang menunjukkan persentase sebesar 91% dalam kategori sangat efektif. Selain itu, uji independent sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan 0,005, yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan e-LKPD interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis model learning cycle 7E layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD.
Kata Kunci: E-LKPD Interaktif, Learning Cycle 7e, Hasil Belajar
Abstract
This development research aims to produce an e-LKPD Interaktif (Electronic Student Worksheet) based on the Learning Cycle 7E model to enhance the learning outcomes of fifth-grade students on the human circulatory system topic. The research objective is to create a valid, practical, and effective e-LKPD to improve student learning outcomes. This study employs the Research and Development (R&D) methodology using the ADDIE model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research include all parties involved in validating the developed e-LKPD Interaktif product. Validity tests were conducted by media and material experts. Practicality tests were performed by teachers and fifth-grade students at SDN Geluran 3, while effectiveness tests were conducted on fifth-grade students at the same school. The research results show that the e-LKPD is valid, with a total percentage of 91.6% for media and 86.3% for material, categorizing the e-LKPD as highly valid. The e-LKPD Interaktif based on the Learning Cycle 7E model is practical, with an overall implementation rate of 90.3%, classified as very good (81%-100%). The e-LKPD is also effective, as indicated by the data analysis of mastery learning scores using the e-LKPD Interaktif, which reached 91%, categorized as "Very Effective." Additionally, the independent sample t-test results showed significant values of 0.000 and 0.005, proving that the use of the e-LKPD Interaktif significantly impacts student learning outcomes. Therefore, it can be concluded that the e-LKPD based on the Learning Cycle 7E model is feasible of improving learning outcomes on the human circulatory system topic for fifth-grade students.
Keywords: E-LKPD Interaktif, Learning Cycle 7e, Learning Outcomes
Downloads

