PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratu Ayu Ubaidiah UNESA
  • Julianto Julianto UNESA

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar cenderung tidak menerapkan suatu model atau media pembelajaran sesuai anjuran, melainkan hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional atau pembelajaran yang sudah biasa guru terapkan, masih menggunakan metode ceramah. Peserta didik menjadi kurang aktif karena guru tidak melibatkan peran peserta didik dalam memahami materi sendiri. Guru melakukan pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah dengan bantuan buku, sehingga aktivitas pembelajaran menjadi kurang efektif dan hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) yaitu pembelajaran berbasis kelompok. Pada penelitian ini pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media PowerPoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pada penerapan model kooperatif STAD berbantuan media PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan metode desain Nonequivalent Control Group. Instrumen pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil pretest dan post-test. Hasil penelitian berupa perhitungan uji Independent Sample T-test berbantuan SPSS Statistics 26 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, karena nilai thitung > ttabel dengan nilai 2,0230 > 2,0085. Adapun nilai signifikansi (2-tailed) juga menunjukkan hasil 0,045 < 0,05, dan hasil perhitungan N-Gain Score menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesaar 0,63 dan pada kelas kontrol sebesar 0,41. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dengan interpretasi peningkatan sedang dari penerapan pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif STAD, PowerPoint interaktif, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 119