PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERMAINAN KUARTET (KARPET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN
Abstract
Abstrak
Guru memiliki peran penting untuk membuat suasana pembelajaran menjadi aktif. Dengan suasana pembelajaran yang aktif, pembelajaran dapat berjalan secara optimal dengan begitu dapat memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran kartu permainan kuartet (KARPET) dengan materi struktur tumbuhan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media KARPET. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitiaan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 27 siswa kelas IV SDN Pakis 1 Surabaya. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh hasil kevalidan materi dan media sebesar 94%. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 98,88% dan hasil angket respon guru sebesar 90%. Keefektifan media didapatkan melalui uji N-Gain dengan skor 0,73 < 0,05. Keefektifan media juga didukung dengan melalui uji Wilcoxon Signed Rank Test (uji non parametrik) yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 yang berarti adanya perbedaan secara signifikan. Berdasarkan hasil dari penelitian maka media pembelejaran KARPET layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA materi struktur tumbuhan kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, KARPET, IPA
Downloads
Abstract views: 124
,
PDF Downloads: 153

