PENGEMBANGAN PERMAINAN DART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rani Nur Haliza Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan dart pada materi gaya kelas IV sekolah dasar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA di SD sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dengan desain penelitian One group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu validasi ahli media, ahli materi, angket peserta didik, angket guru, pretest, dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan validasi materi 88% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan media diketahui dari hasil angket guru sebesar 95% dan hasil angket peserta didik sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diketahui dari hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 76,26% dengan kategori tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik antara sebelum menggunakan media permainan dart dan setelah menggunkaan media permainan dart. Peningkatan tersebut memperoleh N-Gain sebesar 0,5993 dengan kategori peningkatan sedang. Hal ini menunjukkan media permainan dart layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 47