PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MISSION LADDERS MATERI PENGGOLONGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Pemilihan media dalam pembelajaran pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan fasilitas yang terdapat. Pengembangan media pembelajaran yang berbasis permainan dapat menjadi solusi untuk merangsang peserta didik dalam meningkatkan pemahaman serta menciptakan pembelajaran yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan yang terdiri dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Mission Ladders dalam materi penggolongan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan yang terdiri dari uji-t dan N-Gain. Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa media Mission Ladders sangat valid digunakan dengan persentase 85% untuk validasi media dan 90% untuk validasi materi. Hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 96,4% dari angket respon peserta didik dan 100% dari angket respon guru, yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan diperoleh dari ketuntasan belajar peserta didik sebesar 100%, peningkatan skor hasil belajar yang memperoleh N-Gain sebesar 0,63 dengan kriteri tinggi dan hasil perhitungan uji-t diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar antara data pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Mission Ladders layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: media pembelajaran, mission ladders, penggolongan hewan, hasil belajar
Downloads
Abstract views: 72
,
PDF Downloads: 48

