PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF “MABELIS” BERBASIS WEBSITE PADA MATERI LISTRIK UNTUK SISWA KELAS VI SDN SIDOKUMPUL

  • Mutiara Qoliba Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media interaktif “MABELIS” berbasis website ini menghasilkan media pembelajaran IPA materi listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Tujuan  penelitian ini  adalahntuk menghasilkan media pembelajaran IPA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development)  dengan model pengembangan ADDIE.  Instrumen dalam penelitian ini ialah  lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan soal tes. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VI SDN Sidokumpul yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dari ahli maeri sebesar 94% dan ahli media 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan guru, angket respon siswa diperoleh nilai sebesar 91,8%, angket respon guru sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil pretest-posttest dari segi ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81,9% dengan kategori sangat efektif, serta peningkatan hasil belajar diperoleh melalui N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Sehingga secara keseluruhan media “MABELIS” layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi listrik.

Kata Kunci: pengembangan, MABELIS, website

  

Published
2024-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 1