PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TANGRAM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Matematika seringkali dianggap membosankan karena kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran salah satunya pada materi segitiga dan segi empat. Media pembelajaran sangat diperlukan sebagai sarana penyampaian materi agar mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengembangkan media video animasi tangram pada pembelajaran matematika materi segitiga dan segi empat kelas II sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan dari media video animasi tangram yang terdiri dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Media video animasi tangram dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media yang mendapatkan persentase sebesar 90% dan 92% yang termasuk kriteria sangat valid. Kepraktisan media diperoleh dari hasil angket respon pengguna yaitu dari pendidik yang mendapatkan persentase sebesar 96% dan peserta didik dengan persentase 93,7 % yang termasuk kategori sangat praktis. Keefektifan media video animasi tangram didapatkan melalui hasil uji normalitas N Gain dengan perolehan hasil 0,79 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, dapat dinyatakan bahwa media video animasi tangram layak untuk diterapkan pada pembelajaran matematika materi segitiga dan segi empat di kelas II sekolah dasar.
Downloads

