PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kegitan observasi yang dilakukan di SD Negeri Glagah 2 Lamongan.
Berdasarkan hasil observasi yang di dapatkan sebuah permasalahan di dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia pada materi menulis puisi yaitu peserta didik kesulitan dalam menulis puisi dan kurangnya
penggunaan media pembelajaran,oleh karena itu penelitian ini mengambangkan media Kokami yang
bertujuan untuk (1) Menghasilkan kevalidan media Kokami untuk keterampilan menulis puisi siswa kelas
IV sekolah dasar. (2) Menghasilkan keefektifan media Kokami untuk keterampilan menulis puisi siswa
kelas IV sekloah dasar (3) Menghasilkan kepraktisan media Kokami untuk keterampilan menulis puisi
siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research
and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analze, design,
development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri Glagah 2 Lamongan . Berdasarkan penelitian tersebut hasil dari uji coba validasi media dengan
presentase 90% yang sangat valid, dan uji validasi materi presentase materi presentase 89% sangat valid.
Kepraktisan sebesar 94,5% dari peserta didik dan 90% dari hasil pendidik dengan kefektifan memperoleh
nilai n-Gain sebesar 0,78 dengan peningkatan tinggi
Downloads
Abstract views: 81
,
PDF Downloads: 177

