Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Lelas V Sekolah Dasar
Abstract
Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah, merupakan salah satu jenis pembelajaran yang berpusat pada siswa di mana siswa diberikan masalah untuk dipecahkan guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memahami dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana paradigma pembelajaran berbasis masalah (PBL) mempengaruhi kemampuan menulis kalimat efektif siswa sekolah dasar di kelas V. Dengan menggunakan model desain kontrol pretest-posttest, desain eksperimen, penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu. Pengujian dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data, beserta alat untuk pengujian dan observasi. Pre dan post test merupakan instrumen evaluasi penelitian, dan alat observasi digunakan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Berdasarkan temuan penelitian Ha diterima dan Ho ditolak berdasarkan hasil uji t (uji sampel independen) sebesar 0,034 < 0,05 untuk pengujian hipotesis. Oleh karena itu, ditentukan bahwa X mempengaruhi Y. PBL mempunyai nilai pengaruh sebesar 46,5% terhadap kemampuan menulis kalimat efektif siswa sekolah dasar kelas V; faktor- faktor lain bertanggung jawab atas jumlah sisanya.
Downloads
Abstract views: 131
,
PDF Downloads: 75

