Penerapan Gamifikasi Pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD
Abstract
Rendahnya aktivitas belajar siswa menjadi problematika dalam pembelajaran, terkhusus pada pembelajaran IPA yang kaya akan proses dan muatan. Dibutuhkan pembelajaran yang mampu menstimulus partisipasi aktif dari siswa agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran gamifikasi pada materi sistem pencernaan bisa meningkatkan aktivitas belajar IPA di SDIT At-Taqwa Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan guru mata Pelajaran IPA di kelas 5 dan Siswa kelas 5 B. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran gamifikasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui nilai aktivitas belajar peserta didik pada keseluruhan indikator. Pada aktivitas bertanya dan menjawab, 18 peserta didik dinyatakan aktif. Artinya, 56,25% peserta didik massif melakukan aktivitas tersebut. Pada aktivitas role play dan menulis 100% peserta didik berpartisipasi aktif. Kemudian hal ini didukung oleh data angket yang diisi oleh peserta didik. Data angket tersebut menyatakan bahwa 31,2% peserta didik menyatakan sangat setuju bahwa gamifikasi membuat mereka menjadi aktif dalam pembelajaran, sedangkan 65,6% menyatakan setuju bahwa gamifikasi membuat mereka menjadi aktif dalam pembelajaran, sisanya 3% menyatakan tidak setuju. Selain itu, diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Kegiatan dalam penelitian ini telah berhasil diterapkan di sekolah ini, sehingga kegiatan ini dapat digunakan untuk sekolah lainnya.
Kata Kunci: Penerapan. Gamifikasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan
Downloads
Abstract views: 341
,
PDF Downloads: 379

