PENGEMBANGAN MEDIA PAPINJUR GAME MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media pembelajaran untuk sekolah dasar. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PAPINJUR Game pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar dan juga untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan empat tahap yang masing-masing tahapannya disertai dengan evaluasi. Sedangkan tingkat kelayakan media pembelajaran PAPINJUR Game ditinjau dari tiga aspek yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi materi oleh ahli materi mendapat skor sebesar 93,8% yang termasuk dalam kategori sangat valid, serta skor 85% untuk validasi media divalidasi oleh ahli media yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil responden peserta didik dan pendidik mencapai skor 92,5% dari peserta didik dan 100% dari pendidik sehingga keduanya termasuk kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan mendapatkan nilai gain 0,52 dengan kategori efektif tingkat sedang yang diperoleh dari hasil perhitungan Pretest dan Posttest. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka media pembelajaran PAPINJUR Game ini layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar.
Downloads

