PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABETA “MAGNET BERHITUNG MATEMATIKA” UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA FASE A

  • rizka cahyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan dua hal yaitu kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika di UPT SDN 224 Gresik. Kendala yang berkaitan dengan keterbatasan media pembelajaran dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Situasi ini menyebabkan berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media MABETA dalam materi Penjumlahan dan Pengurangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Alat pengumpulan data berupa lembar validasi, angket tanggapan siswa dan observer, serta tes pretest-posttest. Teknik analisis data berupa kuantitatif dan kualitatif, data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi penggunaan media, kritik, saran dan masukan dari para ahli. Sedangkan data kuantitatif berasal dari nilai validasi media, materi, angket respons siswa dan observer, serta hasil nilai pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas II sebagai subjek uji coba penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa media MABETA yaitu (1) validasi materi dengan nilai 85,41% dengan kategori “layak” digunakan tanpa revisi, validasi media dengan nilai 88,53% dengan kategori “layak” digunakan tanpa revisi, dan validasi soal pretest-posttest dengan kategori “layak”, (2) respon peserta didik terhadap media MABETA mencapai hasil akhir sebesar 94,86%, sementara respons dari observer sebesar 100%, dengan kategori "sangat baik" diterapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, nilai rata-rata pretest-posttest siswa dengan perhitungan N-gain mencapai 0,53 termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil data menunjukkan nilai signifikansi yang menegaskan bahwa media MABETA efektif diterapkan dalam pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan Pelajaran Matematika.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, MABETA, Matematika

Published
2024-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0