PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “INSPIBOX” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI TEKS WAWANCARA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Anis Herlindayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan media “Inspibox” memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar. Berdasarkan hasil wawancara terdapat permasalahan dalam berbicara seperti tidak percaya diri, kurang lancar dan kurang mampu dalam memilih kata. Pembuatan media yang memadukan kegiatan bermain peran bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak untuk berlatih berbicara. Jenis penelitian yang digunakan adalah (R&D) dan model penelitian ADDIE yang berisi lima tahapan tediri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen terdiri atas lembar validasi media dan materi. Data hasil kevalidan media diperoleh persentase sebesar 89.23% dan kevalidan materi sebesar 84,61% sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Instrumen yang dikumpulkan untuk mengukur kepraktisan yakni angket respon guru dan siswa. hasil angket menunjukkan angka 94,6% untuk respon guru dan 92% untuk respon siswa sehingga masuk kategori sangat praktis. Hasil N-Gain mendapatkan hasil 0,788 sehingga masuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan media "Inspibox” sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran materi teks wawancara kelas V sekolah Dasar.

Published
2024-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0