Pengembangan E-LKPD Interaktif Menggunakan Wizer.me Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Pada abad 21 ini memiliki tuntutan bahwa siswa diharapkan memiliki kemampuan literasi sains karena menjadi syarat kecakapan penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa juga perlu menguasai keterampilan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang mengarah pada perkembangan teknologi. Dengan begitu peneliti ingin mengembangkan E-LKPD interaktif menggunakan wizer.me pada materi ekosistem untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD yang berkualifikasi valid, praktis, dan efektif. Peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD interaktif menggunakan wizer.me dinilai sangat valid dengan perolehan validasi materi 95% dan validasi media 100%. Kepraktisan E-LKPD memenuhi kriteria sangat praktis yang ditunjukkan melalui nilai persentase angket respon siswa sebesar 95% dan angket respon guru sebesar 97%. E-LKPD juga efektif digunakan dengan perolehan analisis nilai ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 74% (efektif) dengan hasil N-Gain sebesar 0,70 (tinggi), hasil uji-t mendapatkan nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan adanya pengaruh penggunaan E-LKPD interaktif menggunakan wizer.me terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan E-LKPD interaktif menggunakan wizer.me pada materi ekosistem dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.
Kata Kunci: E-LKPD, Wizer.me, Literasi Sains, Ekosistem.
Downloads

