Pengembangan Media Kartu Aksara Untuk Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Madura Di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Fiqi Amalia Agustini Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Madura materi aksara, keterampilan menulis yang rendah, serta kesulitan peserta didik dalam mempelajari aksara. Metode pembelajaran yang diterapkan guru selama ini sebatas penjelasan lisan. Hal ini selaras dengan data wawancara dan observasi yang telah diolah peneliti menggunakan software Maxqda untuk itu, peneliti mengembangkan media kartu aksara dengan tampilan dua sisi. Sisi pertama, adalah bentuk aksara dilengkapi denan keterangannya. Sisi kedua, berisi gambar ilustrasi dilengkapi dengan nama benda dalam tulisan aksara dan bahasa Madura. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan dengan menguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah didapati persentase kevalidan media sebesar 97% dan materi sebesar 97%. Kemudian hasil persentase kepraktisan oleh peserta didik sebesar 88% dan pendidik sebesar 97%. Hasil keefektifan yang diukur dengan persentase angket peserta didik sebesar 88% yang diolah menggunakan aplikasi smartPLS dan persentase rerata peningkatan nilai pretest dan posttest dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,84 dengan kriteria peningkatan tinggi dan persentase keterampilan menulis peserta didik sebesar 92,3% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat dinyatakan bahwa media yang dikembangkan berupa kartu aksara layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Madura materi aksara di sekolah dasar.

Kata Kunci : pengembangan, media kartu aksara, bahasa Madura.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 45