Array
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi belajar membaca tanpa mengeja untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif seperti suara, gambar, dan permainan yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi validasi instrumen soal pretest, LKPD, dan posttest, observasi serta wawancara dengan guru untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pengalaman menggunakan aplikasi ini. Hasil validasi instrumen soal pretest, LKPD, dan posttest menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan tanpa revisi. Wawancara dengan guru menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu siswa belajar membaca dengan lebih mudah dan meningkatkan motivasi serta antusiasme siswa dalam belajar membaca. Hasil observasi juga menunjukkan hal yang serupa. Meskipun demikian, penggunaan aplikasi ini juga menemui tantangan atau kendala, seperti keterbatasan teknologi dan kesiapan siswa kelas 1 terhadap penggunaan aplikasi. Secara keseluruhan, aplikasi belajar membaca tanpa mengeja dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1.
Kata Kunci: penggunaan, aplikasi belajar membaca tanpa mengeja,keterampilan membaca permulaan.