PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOCARD PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SD
Abstract
Dasar dari peneitian ini ialah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, yang
menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran Monocard untuk materi ASEAN. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE
yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Monocard
terbukti sebagai solusi efektif dalam pembelajaran IPS materi ASEAN, membuat pembelajaran lebih
menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD. Penelitian ini mengevaluasi kelayakan
media Monocard dalam pembelajaran materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Hasil penelitian
menunjukkan keberhasilan dalam beberapa aspek, yaitu kelayakan, efektivitas, dan kepraktisan. Dalam
validasi materi, media Monocard mendapat nilai 71% dengan kategori "Valid," dan dalam validasi media,
mendapat nilai 100% dengan kategori "Sangat Valid," menunjukkan bahwa media Monocard sesuai untuk
materi ASEAN. Pada uji efektivitas media Monocard, hasil posttest menunjukkan peningkatan
dibandingkan pretest, dengan nilai efektivitas mencapai 70% dalam kategori "Sangat Efektif." Kepraktisan
media Monocard mencapai nilai 86,4% dengan kategori "Sangat Praktis." Implementasi media ini dapat
dilakukan dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas VI SD. Berdasarkan data
yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Monocard memiliki nilai kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi
ASEAN untuk siswa kelas VI SD
Downloads
  Abstract views: 47
                                                        ,
 PDF Downloads: 56
                                
						
							
