Pengembangan Media Jenga Board Game Majas Personifikasi untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan guru di sekolah yang diteliti, terdapat permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi dengan majas personifikasi. Jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak pada keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media Jenga Board Game majas personifikasi yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mengetahui pengaruh kepraktisan dan keefektifan media terhadap kualitas media Jenga Board Game majas personifikasi untuk pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Data penelitian didapat dari angket validasi media, angket respon siswa, dan wawancara guru. Penelitian dilakukan di SDN 1 Ngetal dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 30 anak dan 2 guru sebagai pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Jenga Board Game majas personifikasi memperoleh persentase kevalidan sebesar 89% dari ahli media, kepraktisan sebesar 79% dan keefektifan sebesar 80% dari angket respon siswa. Hasil tersebut didukung dengan respon guru sebagai pengamat bahwa media dapat digunakan untuk belajar menulis kalimat deskripsi bermajas personifikasi dengan mudah dan menjadikan kegiatan belajar lebih berkualitas sehingga siswa lebih bersemangat untuk belajar sesuai dengan kemampuan siswa serta alokasi waktu pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepraktisan dan keefektifan media berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas media. Dengan demikian, media Jenga Board Game majas personifikasi yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Downloads

