EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KREATIF DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Metode stimulasi visual dipergunakan dalam menaikkan tingkat keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Respon dari peserta didik dan guru terhadap pembelajaran menggunakan metode stimulasi visual diukur menggunakan instrumen efektivitas pembelajaran menurut teori Slavin dan Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) 1 dan 2. Hasil rata-rata dari angket instrumen efektivitas pembelajaran adalah 3,59, sedangkan IPKG 1 adalah 3,38 dan IPKG 2 adlah 3,35, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan metode stimulasi visual dalam pembelajaran menulis puisi di kelas IV memperoleh respon yang positif baik dari peserta didik maupun guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas terhadap penggunaan metode stimulasi visual dalam pembelajaran menulis puisi kelas IV dari hasil penilaian posttest kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata posttest 75,89 dan kelas eksperimen adalah 82,32. Kemudian, dari olah data uji t-test didapatkan hasil 0,002, yang artinya 0,002 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, kesimpulannya adalah metode Stimulasi Visual efektif dalam rangka menaikkan tingkat kemampuan menulis puisi kelas IV sekolah dasar.
Downloads

