Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition (CIRC) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan motivasi belajar terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi pada peserta didik kelas V sekolah dasar di SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah model pembelajaran yang menggabungkan atau mengintegrasikan kegiatan membaca dan menulis pada suatu bacaan serta mengkomposisikannya dalam bentuk bagian-bagian penting. Sedangkan motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang terdapat di dalam diri seseorang untuk mengupayakan suatu kegiatan dengan baik demi mendapatkan hasil yang maksimal atau memuaskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon peserta didik. Hasil pengujian hipotesis pertama melalui bootstrapping menunjukkan nilai T-Statistik sebesar 2,413, yang lebih besar dari 1,96, dan p-values sebesar 0,016 yang lebih kecil dari 0,05. Dan hasil pengujian hipotesis kedua melalui bootstrapping menunjukkan nilai T-Statistik sebesar 2,130, yang lebih besar dari 1,96, dan p-values sebesar 0,033, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman.
Kata Kunci: Cooperative Intergrated Reading and Composition, motivasi belajar, keterampilan
membaca pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 49