EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD
Abstract
Permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah kurangnya keaktifan serta antusiasme peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran IPA. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Penyebab dari permasalahan tersebut ialah penggunaan metode serta media yang cenderung monoton dan kurang membangkitkan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen berbantuan media poster terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi siklus air. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar peserta didik, serta angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Penggunaan metode pembelajaran eksperimen berbantuan media poster dapat dikatakan cukup efektif dengan perolehan skor N-Gain 64,38%. Hasil uji Mann Whitney yang memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode eksperimen berbantuan media poster terhadap hasil belajar. Respon peserta didik terhadap penggunaan metode eksperimen dan media poster juga sangat baik, dimana mereka merasa senang dan lebih mudah memahami materi siklus air. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen berbantuan media poster cukup efektif serta membawa pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: metode eksperimen, media poster, hasil belajar, siklus air.
Downloads

