Pengembangan Media Kartu Pola Kalimat (Poli) Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa terdapat keterbatasan dalam penggunaan media untuk pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi struktur kalimat berpola SPOK. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis yang memungkinkan peserta didik menulis kalimat berpola SPOK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan. Tahapan tersebut meliputi Analyze Learner Characteristics (analisis karakteristik peserta didik), State Standards and Objectives (menentukan standart, tujuan pembelajaran), Select Methods, Media, and Material (memilih metode, media, dan bahan ajar), Utilize Media, and Materials (memanfaatkan media, dan material), Require Learner Participation (keterlibatan peserta didik), Evaluate and Revise (evaluasi dan revisi). Penelitian ini menjadikan peserta didik kelas IV dari SDK Karitas II Surabaya sebagai subjek uji coba. Uji coba skala besar melibatkan tiga puluh peserta didik. Dalam penelitian ini, materi dan media dinilai valid sebesar 96% dan 88%, efektif sebesar 87% dan 90%, dan praktis sebesar 92% dan 87,5%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Poli sangat valid, efektif, dan praktis untuk pembelajaran struktur pola kalimat SPOK elas IV sekolah dasar.
Kata Kunci: pengembangan, model ASSURE, media Kartu Poli.
Downloads

