Pengembangan Media Kartu Gagasan Bergambar untuk Keterampilan Menulis Paragraf Eksplanasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Diyah Rohmatul Maulidah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Kartu Gagasan Bergambar yang valid, efektif, dan praktis untuk keterampilan menulis paragraf eksplanasi peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 16 Surabaya dengan subjek uji coba sebanyak 32 peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ASSURE yang terdiri atas 6 tahapan yaitu analyze learners characteristics, state standards and objectives, select strategies, technology, media, and materials, utilize methods, media, and materials, require learner participation, dan evaluate and revise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media berdasarkan validasi materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan validasi media sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Keefektifan media berdasarkan hasil angket respon peserta didik sebesar 80,8% dengan kategori sangat efektif dan angket respon pendidik sebesar 87,5% dengan kategori sangat efektif. Selain itu juga terjadi peningkatan sedang pada uji coba skala kecil dengan nilai N-Gain sebesar 0,48 dan peningkatan tinggi pada uji coba skala besar dengan nilai N-Gain sebesar 0,70. Kepraktisan media berdasarkan hasil angket respon peserta didik sebesar 83% dengan kategori sangat praktis dan angket respon pendidik sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Gagasan Bergambar untuk keterampilan menulis paragraf eksplanasi kelas V sekolah dasar dinyatakan valid, efektif, dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 48