PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV

  • Nur Rachma Sastra Pradita Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas IV di SDN Kaliasin 1 Surabaya dan SDN Kebatang 1 Surabaya. Metode pembelajaran berbasis proyek mendorong peserta didik untuk belajar secara mandiri melalui proyek yang relevan dengan dunia nyata. Studi ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain kuasi-eksperimen. Sebuah sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan metode PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Pengukuran hasil belajar IPA dilakukan baik sebelum maupun setelah intervensi menggunakan alat yang sah dan dapat diandalkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai 0,633 < 0,7. Kelompok eksperimen yang menggunakan PjBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: model PjBL, hasil belajar IPA.

Published
2024-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0