PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET QR CODE BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN NGANJUK UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Kartu Kuartet QR Code berbasis kearifan lokal merupakan hasil dari penelitian pengembangan untuk diimplementasikan pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Begadung. Penelitian yang telah diimplementasikan memiliki maksud untuk mengembangkan suatu media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan kearifan lokal Kabupaten Nganjuk dengan integrasi permainan dan teknologi. Peneliti mengggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan seperti, analisis (analyze), pembuatan (design), mengembangkan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Melalui proses validasi kepada ahli media dan materi kartu ini layak diimplementasikan pada saat pembelajaran mendapatkan hasil tervalidasi media skor sebesar 91 % dan materi dengan skor sebesar 91 %. Media pembelajaran ini layak dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan pretest 43 dan posttest 87 dengan menggunakan olah data N-Gain maka menghasilkan angka 0,77 maka tergolong efektivitas tinggi. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu tersebut memberikan dampak kepada siswa aktif dan menjadi semangat dalam pembelajaran. Media kartu ini sangat praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas IV dengan skor sebesar 97%.
Kata Kunci: pengembangan, kartu kuartet, kearifan lokal, QR Code
Downloads

