Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Toleransi Pada Elemen Bhinneka Tunggal Ika Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Kabuh
Abstract
Topik pembahasan mengenai kebhinnekaan ialah sebagai bagian yang penting untuk dibicarakan secara berkelanjutan sejalan dengan kelangsungan hidup bangsa. Mengingat, Bhinneka Tunggal Ika ialah semboyan bangsa Indonesia. Pengetahuan mengenai kebhinekaan perlu ditekankan dan dilestarikan kepada anak-anak, yang mana upaya tersebut dapat dimulai dari tingkat paling yaitu sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model role playing terhadap hasil belajar dan sikap peserta didik kelas V SDN Kabuh. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimental). Sampel peneitian kelas VA (kelas kontrol) berjumlah 23 peserta didik, dan kelas VB (kelas eksperimen) berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan pretest dan posttest, sementara hasil aktivitas sikap peserta didik menggunakan bantuan observasi dari setiap guru wali kelas. Berdasarkan analisis perhitungan uji wilcoxon hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,57 dan kelas eksperimen sebesar 0,00 dengan artian bahwa Ho diterima. Sementara, nilai hasil observasi sikap toleransi kelas kontrol sebesar 74,26 dan kelas eksperimen sebesar 82,66 yang tergolong kategori baik. Dengan begitu dapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model role playing terhadap hasil belajar dan sikap toleransi peserta didik kelas V SDN Kabuh
The topic of discussion regarding diversity is an important part to be discussed on an ongoing basis in line with the survival of the nation. Remember, Bhinneka Tunggal Ika is the motto of the Indonesian nation. Knowledge about diversity needs to be emphasized and preserved in children, where these effort can be started from the earliest level, namely elementary school.This research aims to determine the influence of the role playing model on the learning outcomes and attitudes of class V students at SDN Kabuh. This research uses a type of experiment with a quasi-experimental design. The research sample of class VA(control class) was 23 students, and clas VB (experimental class) was 24 students. Data collection on learning outcomes wa carried out using pretest dan posttest, while the results of student attitude activities used observation assistance from each homeroom teacher. Based on the wilcoxon test calculation analysis, the learning result for the control class was 0.57 and the experimental class was 0.00, meaning tat Ho was accepted. Meanwhile, the observation score for the control class was 74,26 and the experimental class was 82,66, which was classified as good. In this way, it can be concluded tat there is an influence of the role playing model on the learning outcomes and tolerance attitudes of class V students at SDN Kabuh
Downloads

