PENGEMBANGAN MEDIA PETUALANGAN SIDAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI KELAS V SD
Abstract
Petualangan SIDAR adalah media pembelajaran berbasis animasi yang dirancang khusus untuk materi IPA kelas 5 SD yang berfokus pada sistem peredaran darah manusia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan teknik audio visual. Jenis penelitian ini adalah research and development (R & D). Metode pengembangan produk menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi, lembar validasi ahli materi dan media, lembar tanggapan guru dan siswa, dan lembar tes. Teknik analisis data meliputi analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini adalah 1) Kevalidan mendapat presentase nilai 98% oleh ahli materi dan 100% oleh ahli media dengan keduanya masuk pada kategori sangat valid tanpa revisi. 2) Kepraktisan mendapatkan presentase masing masing sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis. Kemudian analisis angket guru mendapatkan nilai presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis. 3) Keefektifan didapatkan dari hasil kegiatan pretest dan posttest dengan presentase sebesar 35,7% dan 85,7% dengan kategori kurang dan sangat baik. Media petualngan SIDAR juga mendapatkan nilai peningkatan melalui uji N-Gain sebesar 0,77 yang masuk pada kategori sangat tinggi. Dari analisis dapat dinyatakan bahwasannya media pembelajaran Petualangan SIDAR efektif digunakan untuk meningkat kan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia pada kelas V sekolah dasar.
Downloads

