PEMBELAJARAN STEAM ROLL UP PENCIL CASE MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD

Authors

  • Ayu Firda Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat dekat dengan kita karena mempelajari lingkungan dan makhluk hidup. Meskipun begitu, IPA memiliki materi yang sulit dipelajari secara langsung, salah satunya materi tata surya. Materi yang abstrak dan kompleks ini membutuhkan banyak peran peserta didik dalam pembelajaran yang dapat diperoleh melalui pendekatan STEAM. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh, pelaksanaan, dan tanggapan peserta didik terkait pembelajaran STEAM roll up pencil case pada materi tata surya kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi experiment menggunakan model nonquivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar pretest posttest untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, lembar observasi kegiatan STEAM peserta didik dan guru untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran STEAM serta respon pembelajaran melalui lembar tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ini mendapatkan penilaian kevalidan seluruh instrumen terkategori sangat valid dengan lembar observasi memperoleh nilai 91,66%. Kuisioner tanggapan peserta didik mendapat 93,75% dan 98,33% untuk lembar pretest posttest yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen terkategori sedang dengan rata-rata skor N-Gain 0,62 dan 0,30 oleh kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test dari data N-Gain menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05 dengan > bernilai 11.013>1.679. Hasil uji hipotesis tersebut mengartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran STEAM Roll Up Pencil Case pada materi tata surya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI di SDN Kebraon II Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-04

Issue

Section

Articles
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 65