PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GAWAY (GAMES WORDWALL MATERI GAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif GAWAY (Games Wordwall Materi Gaya) guna menunjang peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ipa materi gaya di kelas IV SD. Tujuan penelitian ini ialah menciptakan multimedia interaktif yang valid, praktis, serta efektif. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model ADDIE, yang didalamnya ada 5 tahapan yakni: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), serta evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini mencakup seluruh pihak yang melaksanakan validasi produk multimedia interaktif GAWAY yang telah dikembangkan. Uji validitas dilaksanakan bersama dosen ahli media serta ahli materi, sedangkan uji kepraktisan dilaksanakan bersama guru serta peserta didik kelas IV SDN Suko. Uji efektivitas dilakukan oleh peserta didik kelas IV SDN Suko. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya multimedia interaktif GAWAY dinilai valid dengan total persentase kevalidan media sebesar 100% dan materi sebesar 100%, sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Multimedia interaktif GAWAY dinyatakan praktis hasil pada uji coba skala kecil mendapatkan nilai berada pada 91,6%, serta skala besar mendapatkan nilai 88,48%, serta hasil angket respon peserta didik sebesar 91,1%, sehingga keseluruhannya dinyatakan dalam kategori sangat praktis. Multimedia interaktif GAWAY juga digunalakan dalam analisis data nilai ketuntasan hasil belajar yang menunjukkan persentase sebesar 30% pada kelas kontrol dengan kategori kurang efektif, serta skor N-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 84% yang tergolong dalam kategori sangat efektif serta skor N-Gain berada pada angka 0.61 yang tergolong dalam kategori sedang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi perbedaan pada kelas kontrol yang tidak memakai media pembelajaran dengan kelas eksperimen yang memakai multimedia interaktif GAWAY sehingga multimedia interaktif GAWAY dinilai sangat efektif digunakan pada jalannya kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif GAWAY, Model ADDIE, Hasil Belajar Ipa
Downloads

