PENERAPAN KEGIATAN JUMAT B3S DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN SAMBIKEREP II/480 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan kegiatan Jumat B3S (Berbagi, Budaya, Bersih, dan Sehat) sebagai salah satu upaya dalam menguatkan profil pelajar pancasila pada peserta didik di SDN Sambikerep II/480 Surabaya mulai dari proses perencanaan hingga proses evaluasi.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan dan
kevalidan data, maka digunakan teknik triangulasi sumber dan triagulasi teknik. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) Implementasi profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, Berkebinekaan global, dan Bergotong royong dapat diamati
melalui kegiatan Jumat B3S (Berbagi, Budaya, Bersih, dan Sehat) di SDN Sambikerep II/480 Surabaya; (2) Mekanisme pelaksanaan kegiatan Jumat B3S (Berbagi, Budaya, Bersih, dan Sehat) dalam penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik di SDN Sambikerep II/480 Surabaya telah tersusun secara sistematis mulai dari proses perencaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Pelaksanaan kegiatan Jumat B3S diupayakan untuk selalu dibiasakan secara berkelanjutan agar pembentukan karakter repsentasi nilai-nilai pancasila bagi peserta didiik dapat berjalan secara maksimal.
This study aims to describe the implementation of Friday B3S (Sharing, Culture, Clean and Health) activities as an effort to strengthen the profile of Pancasila students in Sambikerep II/480 Surabaya Elementary School, starting from the planning process to the evaluation process. The type of research used is qualitative research. Data sources in this study were obtained from observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques applied include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. To ensure the validity and validity of the data, source triangulation and technique triangulation techniques were used. The results of this study show that: (1) The implementation of the Pancasila student profile in the dimensions of Believing, Fearing God Almighty, and Having noble character, Global diversity, and Mutual cooperation can be observed through the Friday B3S (Sharing, Culture, Clean, and Health) activities at Sambikerep II/480 Surabaya Elementary School; (2) The mechanism for implementing Friday B3S (Sharing, Culture, Clean and Health) activities to strengthen the Pancasila student profile in students at Sambikerep II/480 Surabaya Elementary School has been systematically arranged, starting from the planning process, implementation, and evaluation. The implementation of Friday B3S activities strives to always be familiarized on an ongoing basis so that the character building of the representation of Pancasila values for students can run optimally.
Downloads

