Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Kelas V UPT Sekolah Dasar Negeri 153 Gresik
Abstract
Abstrak
Dalam zaman era milenial hari ini banyak orang tua khawatir saat mendampingi anaknya belajar dirumah dan peserta didik saat proses pembelajaran disekolah. Hal ini karena kurangnya pengembangan pendidik dalam menyusun lembar peserta didik (LKPD) merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Dengan adanya pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mampu memberikan fasilitas untuk peserta didik dan kesempatan untuk lebih berinovasi, berkreasi dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Melalui penggunaan bahan bekas seperti kaleng roti yang sudah tidak terpakai, gelas plastik bekas pop ice, sendok plastik, ember bekas yang sudah tidak terpakai sehingga mampu bereksperimen membuat Ice Cream sebagai salah satu proses pembelajaran sekaligus praktik perubahan wujud benda cair ke padat dan padat ke cair. Dengan adanya eksperimen tersebut merupakan terealisasinya ide kreatif untuk mengajak peserta didik dalam proses penyelidikan, menemukan bahan dan alat yang tersedia di lingkungan sekitar dan melakukan pemahaman baru, mengkreasikan pembelajaran sambil bermain agar menjadikan pembelajaran yang bermakna. Temuan penelitian pada penggunaan pembelajaran saintifik LKPD dalam penggunaan bahan bekas terkait materi perubahan wujud benda pada siswa di SDN UPT Negeri 153 Gersik menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud benda tersebut. Selain itu, berdasarkan temuan pengujian produk, LKPD disetujui untuk digunakan dalam memberikan instruksi kepada siswa tentang topik perubahan wujud benda menjadi bentuk baru
Kata Kunci: IPA Perubahan Wujud Benda, R&D, Pemanfaatan Barang Bekas
Downloads

