EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MELALUI KERAJINAN MANIK-MANIK GUDO JOMBANG PADA MATERI BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Pembelajaran etnomatematika memungkinkan suatu materi yang dipelajari dan budaya peserta didik dapat membuat pemahaman pada suatu materi menjadi lebih mudah karena materi yang diajarkan terkait langsung dengan budaya sehari-hari mereka. Selain itu, produk budaya juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran kontekstual. Namun, perlunya penerapan kegiatan pembelajaran ini tidak searah dengan keadaan peserta didik yang ternyata masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep matematika materi bilangan kelas 4 Sekolah Dasar yang terdapat pada kerajinan manik-manik Gudo Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Spradley yang memiliki tiga tahap yakni analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil eksplorasi pada kerajinan manik-manik Gudo Jombang diantaranya ditemukan pada proses pembuatan, perangkaian hingga pada proses pemasaran manik-manik. Konsep bilangan kelas 4 sekolah dasar yang ditemukan antara lain konsep bilangan cacah, konsep operasi hitung bilangan cacah yang meliputi penjumlahan, perkalian dan pengurangan, serta konsep pola bilangan.
Kata Kunci: Eksplorasi, Etnomatematika, Manik-manik Gudo Jombang, Bilangan
Abstract
Ethnomathematics learning allows the material studied and the culture of students to make understanding of the material easier because the material taught is directly related to their daily culture. In addition, cultural products can also be utilized as contextual learning media. However, the need for the application of these learning activities is not in line with the state of students who apparently still have difficulty in understanding the concept of number This study aims to explain the mathematical concept of grade 4 elementary school number material contained in the Gudo Jombang bead craft. This research is a qualitative research with an ethnographic approach. Data collection techniques were carried out using observation, interviews, and documentation. Data analysis was conducted using the Spradley model which has three stages namely domain analysis, taxonomy analysis, and componential analysis. The results of the exploration of the Gudo Jombang bead craft were found in the process of making, assembling and marketing the beads. The concepts of grade 4 elementary school numbers found include the concept of integers, the concept of counting operations of integers including addition, multiplication and subtraction, and the concept of number patterns.
Keywords: Exploration, Ethnomathematics, Gudo Jombang Beads, Numbers
Downloads

