Desain Aktivitas Spasial Outdoor Learning Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Skala Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Strategi pembelajaran luar kelas memungkinkan siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan 4C abad 21 yang meliputi communication, colaboration, creative, dan critical thinking. Strategi outdoor learning memiliki keterkaitan dengan model PBL. Model PBL ini juga sesuai jika diterapkan pada mata pelajaran matematika yang memungkinkan siswa berpikir kritis serta memunculkan kemampuan berpikir spasialnya. Salah satu materi matematika yang membutuhkan kemampuan spasial adalah materi skala. Namun, perlunya penerapan ini masih tidak sesuai dengan keadaan di SDN Pagerngumbuk 1 dengan terdapatnya siswa yang masih kesulitan memahami materi skala. Oleh karena itu, diperlukan lintasan belajar yang mengadaptasi aspek kemampuan spasial dan strategi outdoor learning pada materi skala. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aktivitas spasial outdoor learning dengan model PBL pada materi skala kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode design research. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, LKPD, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pagerngumbuk 1 Sidoarjo dengan 4 siswa untuk tahap pilot experiment dan 8 siswa untuk tahap teaching experiment. Hasil dari implementasi penelitian ini adalah desain aktivitas spasial outdoor learning berupa HLT mengenai materi skala pada kelas V SD.
Kata Kunci: Pembelajaran di Luar Kelas, PBL, Kemampuan Spasial, Skala
Downloads

